Berita

    Penyebab Asap Knalpot Mobil Ngebul

    Exhaust atau yang dikenal dengan sebutan knalpot memiliki peran yang sangat penting. Fungsinya yaitu sebagai tempat pembuangan gas hasil metabolisme kendaraan baik itu mobil maupun motor.

    Pada beberapa kasus, knalpot mobil kerap mengalami permasalahan. Salah satu permasalahan yang umum terjadi yaitu mengalami ngebul berlebihan. Apakah Anda pernah mengalaminya? Berikut kami jelaskan penyebab dan solusinya.

    Asap Ngebul Berlebihan Pada Mobil

    Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, knalpot ini memiliki fungsi sebagai pembuangan gas. Itu artinya, saat komponen tersebut mengeluarkan asap bisa saja menjadi tanda yang biasa.

    Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan komponen tersebut mengeluarkan asap berlebihan. Warna asap pun berbeda-beda, ada yang hitam, putih, dan warna lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan penyebab asap knalpot keluar berlebihan.

    • Pengeluaran emisi mobil hasil dari pembakaran mesin. Proses tersebut akan mengeluarkan gas dengan kandungan karbon yang tinggi dan dapat memicu polusi udara. Namun hal ini masih dalam tahap wajar jika tidak berwarna dan berlebihan.
    • Terjadinya kebocoran pada oli yang menyebabkan oli tersebut terbakar bersamaan dengan bahan bakar. Asap yang keluar biasanya berwarna putih.
    • Adanya kerusakan komponen-komponen dari salah satu mesin mobil yang akhirnya mengakibatkan kepulan asap.

    Efek Samping Keluar Asap Knalpot Berlebihan

    Dari penjelasan sebelumnya bisa kita simpulkan bahwa asap yang keluar bisa terjadi karena adanya kerusakan atau masalah. Sehingga jika dibiarkan akan menimbulkan beberapa akibat atau efek samping seperti berikut:

    • Sebagai indikator adanya kerusakan komponen mobil yang harus segera diperbaiki. Jika dibiarkan, permasalahan bisa bertambah parah.
    • Sebagai pertanda bahwa mobil sudah memiliki usia yang tua dan harus mengganti beberapa komponen pada mesin.
    • Dapat mengakibatkan polusi udara di sekitar.

    Tanda-Tanda Adanya Kerusakan Dari Knalpot Mobil

    Warna asap yang keluar dari komponen pembuangan gas tersebut bisa dijadikan sebagai patokan adanya permasalahan pada kendaraan. Pasalnya, banyak ahli yang mengatakan bahwa keluar asap yang berlebihan pada komponen tersebut bisa menjadi tanda adanya kerusakan.

    Tanda-tanda adanya kerusakan tersebut bisa Anda cek dari warna asap yang keluar. Pasalnya, warna asap yang keluar berbeda-beda, seperti contoh berikut ini: