Berita

    Ketahui Tips Memilih Ban Mobil

    Ketika hendak   atau bepergian jauh salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kondisi ban mobil. Ban sangat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan sehingga Anda perlu memilih ban terbaik untuk  . Lalu, bagaimana cara memilih ban untuk  ? Berikut ulasannya.

    Tips Penting Saat Ingin Memilih Ban Mobil 

    Saat   Anda memerlukan kendaraan yang memiliki keadaan baik. Semua komponen termasuk ban harus dipastikan mampu menempuh perjalanan yang jauh sekalipun. Berikut adalah tips memilih ban mobil untuk  .

            1. Memilih Tipe Ban yang Sesuai

    Setiap mobil memiliki tipe ban sendiri sendiri, berbeda jenis mobil maka tipe bannya tidak akan sama. Oleh karena itu, sebelum membeli alangkah baiknya Anda memeriksa tipe ban untuk mobil Anda. 

    Anda bisa mengetahui tipe sekaligus ukuran ban Anda dengan melihat kode pada ban bawaan atau memeriksa buku petunjuk penggunaan mobil. Kode ban menunjukkan ukuran diameter, lebar serta jenis ban. 

    Misalnya kode P205/55 R16 91V. Huruf P pada kode menunjukkan Passenger yang berarti bahwa ban dibuat untuk mobil penumpang misalnya seperti MPV, SUV dan sebagainya. Ada juga kode lain seperti T atau Temporary yang menunjukkan bahwa ban digunakan untuk cadangan. 

    Kode lain seperti LT berarti Light Truck yaitu ban untuk mobil yang digunakan untuk mengangkut barang. Sedangkan kode ST berarti Special Trailer yang dikhususkan untuk ban cadangan. 

            2. Pilih Ukuran Ban Mobil yang Sesuai

    Tips memilih ban mobil untuk   selanjutnya Anda perlu memilih ukuran ban sesuai dengan kode ban pada mobil Anda. Misalnya pada kode P205/55 R16 91V, angka 205 menunjukkan lebar tapak ban yang diukur dalam satuan milimeter. 

    Sedangkan angka 16 menunjukkan diameter velg mobil Anda yang diukur dalam satuan inchi. Dan angka 55 menunjukkan profil ban atau rasio persentase tinggi terhadap lebar ban. 

    Setelah mengetahui ukuran, maka Anda bisa memilih ukuran ban baru yang sesuai dengan ban untuk mobil Anda. 

            3. Perhatikan Pola Tapak

    Pola tapak akan berpengaruh pada kemampuan akselerasi dan manuver mobil dalam perjalanan. 

    Jika gesekan mobil dan jalan kecil, maka ban dapat beresiko tergelincir terutama ketika jalanan basah. Selain itu, kesalahan pemilihan alur juga dapat berdampak pada performa mobil sehingga Anda perlu memilih alur tapak ban yang sesuai dengan kebutuhan.