Berita

    Ingin Beli Mobil Bekas? Ini Kelebihan dan Kekurangan

    Ketika anggaran untuk membeli kendaraan begitu terbatas, opsi untuk membeli mobil bekas menjadi pilihan satu-satunya. 

    Namun, perlu Anda perhatikan kelebihan maupun kekurangan dari membeli mobil second hand. Pasalnya, salah pilih Anda justru merugi lantaran harus banyak keluar uang untuk perawatan dan perbaikan. 

    Cek Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mobil Bekas

    Penting untuk mengecek kondisi mobil sebelum membelinya, terutama saat membeli mobil second. Karena itu, perhatikan kelebihan dan kekurangan berikut sebelum mengambil keputusan untuk membelinya!

    • Kelebihan Membeli Mobil Bekas

    Ada keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika membeli mobil second yang dapat membantu menghemat budget. Di antaranya adalah sebagai berikut:

    • Harga Beli Lebih Murah

    Mobil mengalami depresiasi harga sekitar 20% di tahun pertamanya dan 40% setelah pemakaian selama tiga tahun. Karena itulah, harga mobil second akan jadi lebih murah daripada mobil baru. 

    • Banyak Pilihan yang Berkualitas Tinggi

    Meskipun anggaran yang Anda miliki cukup terbatas, tetapi pilihan kendaraan yang dapat dibeli menjadi semakin banyak.

    Bahkan, ada beberapa mobil yang memiliki kualitas tinggi karena terus dilakukan perawatan oleh pemilik sebelumnya. 

    Bila beruntung, Anda akan bisa mendapatkan mobil bekas dengan spesifikasi bagus tetapi harga beli jauh lebih murah dari mobil baru. 

    • Proses Pembayaran Menjadi Lebih Cepat

    Rata-rata, saat Anda memutuskan untuk mengambil kendaraan bekas pakai, sudah ada anggaran yang disiapkan. Anda jadi tidak perlu mengambil pinjaman dengan cicilan yang memberatkan. Proses pembayarannya pun bisa selesai lebih cepat. 

    • Kekurangan Membeli Mobil Bekas

    kekurangan mobil bekasFreepik.com

    Selain kelebihan, tentu ada kekurangan dari membeli mobil second. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

    • Perlu Menyiapkan Dana Ekstra untuk Perawatan dan Perbaikan

    Mobil baru biasanya sudah ada garansi dan asuransi yang dapat membantu perbaikan ketika ada masalah pada mobil. Berbeda dengan mobil second yang seperti taruhan saat membelinya. 

    Bila tidak teliti dalam pengecekan, Anda bisa saja mendapatkan mobil yang memerlukan perbaikan dan perawatan ekstra setelah membelinya. 

    Selalu siapkan dana ekstra untuk antisipasi bila ternyata mobil second tersebut memiliki banyak masalah yang harus diperbaiki. Jangan lupa juga untuk mengecek secara teliti sebelum memutuskan untuk membelinya. 

    • Garansi yang Terbatas

    Bila Anda membeli mobil second di dealer, mungkin masih ada garansi yang ditawarkan untuk menghemat budget perawatan dan perbaikan. Meskipun jangkauannya terbatas. 

    Namun, berbeda halnya bila Anda membeli dari pemiliknya langsung. Bisa jadi garansi tersebut sudah tidak ada. Karena itu, cari tahu mengenai garansi dan asuransi dari mobil tersebut sebelum membelinya. 

    • Waspadai Ditemukannya Masalah Tersembunyi

    Kendaraan bekas bisa saja menyimpan masalah yang tersembunyi. Bila hanya goresan pada body mobil atau kerusakan kecil lainnya mungkin bisa teratasi. 

    Namun, bagaimana bila ternyata ada kerusakan mesin yang tersembunyi dan baru ketahuan setelah Anda membelinya? Rugi sudah pasti akan Anda alami karena harus mengeluarkan dana ekstra untuk memperbaikinya. 

    Agar menghindari hal tersebut, selalu ajak mekanik terpercaya untuk mengecek kondisi mesin mobil secara teliti dan memastikan dokumen-dokumen resminya. Pastikan pula apakah mobil tersebut bekas kecelakaan atau tidak. 

    • Teknologi Kendaraan yang Sudah Ketinggalan Zaman

    Setiap tahun, selalu ada inovasi dari kendaraan baru yang diluncurkan produsen. Namun, itu tidak berlaku untuk kendaraan bekas. 

    Bisa saja mobil yang Anda dapatkan memiliki fitur atau teknologi yang sudah lawas dan ketinggalan zaman. 

    Membeli mobil bekas memang akan ada untung dan ruginya. Terlebih ketika anggaran yang dimiliki cukup terbatas. Namun, ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan tersebut semoga bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan.