Berita

    Ketahui Jenis Cat Mobil & Perawatannya

    Cat mobil merupakan hal yang kerap diperhatikan oleh penggemar otomotif. Biasanya mereka melakukan pengecatan pada salon mobil untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. 

    Jika Anda merupakan bagian dari penggemar otomotif yang rajin merawat mobil, maka Anda tentunya sudah paham jika cat merupakan hal tersensitif. Anda wajib melakukan perawatan supaya eksterior selalu terjaga kebersihannya dan tetap terlihat bagus.

    Namun, jika Anda adalah penggemar otomotif pemula, maka sebaiknya ketahui beberapa jenis atau macam cat untuk mobil serta perawatannya.  

    10 Jenis Cat Mobil

    Dibawah ini adalah sejumlah jenis atau macam cat untuk mobil yang sebaiknya Anda ketahui sebelum mengaplikasikannya. 

    • Metalic

    Jenis cat ini mempunyai kadar zinc yang memproduksi campuran pigmen silver dalam cat. Teruntuk Anda yang menggemari tampilan elegan dan sporty, mengaplikasikan jenis cat ini dapat membuat mobil bertambah cantik.

    Sayangnya, jenis ini memiliki varian warna yang terbatas. Namun, di samping itu, cat ini begitu ampuh untuk menutup goresan pada eksterior mobil. Tidak hanya itu, menjual mobil menggunakan cat ini dapat meningkatkan nilai jualnya.

    • Akrilik

    Jenis cat yang satu ini mempunyai komposisi dari plastik, tepatnya polietilen. Zat tersebutlah yang membuat cat ini mengeras sesudah mengering. Cat ini merupakan rekomendasi terbaik sebab penggunaannya simpel.

    Fakta menarik dari cat ini adalah, efek kilapnya yang sangat ciamik, sehingga penggemar otomotif pun dapat sulit untuk mengabaikannya.

    • Urethane

    Jenis cat mobil yang terakhir ini mempunyai nilai plus, yakni memiliki harga yang murah serta kualitas yang bagus. Tidak hanya itu, dengan mengaplikasikan cat ini, maka Anda akan mendapatkan lapisan film yang tahan air dan panas serta kuat.

    Bisa dikatakan bahwa cat ini begitu awet, serta kekuatan tutupnya sangat tinggi dan mampu menyembuhkan goresan pada eksterior mobil.

    Perawatan Untuk Cat Mobil Supaya Tahan Lama dan Awet

    Sebelumnya, telah disebutkan 3 jenis cat yang direkomendasikan untuk mobil. Akan tetapi, perawatan mobil yang baru dicat pun tidaklah hal yang gampang. Di bawah ini merupakan metode yang bisa Anda praktekkan, supaya cat tetap awet dan stand out!

    • Rutin Mencuci Mobil

    Meskipun terlihat sepele dan sederhana, mencuci mobil harus rutin dilakukan. Hal ini wajib karena debu dan kotoran tertempel bisa menyebabkan kerak di atas permukaan cat. Parahnya, tetesan hujan pada eksterior mobil yang diacuhkan pun bisa menjelma jadi jamur.

    • Menghindari Pemicu Kerusakan Cat