Berita

    Ini Dia Jenis-Jenis Valve di Mobil

    Dalam struktur mesin mobil, terdapat komponen otomotif yang sangat penting bagi setiap kendaraan yang disebut Valve. Valve mobil merupakan komponen yang tidak boleh diabaikan untuk menjaga kinerja mesin tetap baik.

    Valve itu sendiri memiliki beberapa jenis dan cara kerja mesin yang berbeda. Oleh sebab itu, perlu Anda pahami apa saja jenis dari Valve serta cara kerjanya secara mendalam.

    Apa Itu Valve Mobil?

    Valve adalah katup yang terdapat di bagian mesin mobil dan berfungsi untuk mengatur aliran fluida. Mekanisme kerja valve ini adalah untuk mengatur waktu buka dan tutup katup sesuai kebutuhan mesin mobil. Sebab komponen ini sangat mengandalkan valve agar aliran fluida terkontrol dengan tepat.

    Jenis Valve Mobil

    Mobil memiliki mesin tergantung jenis valve yang digunakan. Hal ini dikarenakan jenis valve sangat beragam karena rangkaian mesin dari setiap mobil memiliki fungsi yang berbeda.

    Lantas apa saja jenis valve mesin mobil yang umum digunakan pada kendaraan? Berikut poin-poinnya.

            1. OHV (Overhead Valve)

    Jenis katup OHV, cara pemasangannya dilakukan di bagian kepala silinder dengan memasang camshaft di bagian blok silinder mesin. Prosedur memasang katup ini tergolong rumit karena memiliki jumlah komponen yang banyak dalam proses pergerakannya.

    Sehingga, ketika A Shift tekanan fluidanya telah tercapai, maka komponen bergerak hingga rocker arm dan menyentuh push rod. Setelah itu valve akan bergerak terbuka karena didorong oleh gerakan push rod.

            2. OHC (Overhead Camshaft)

    Jenis valve pada mesin mobil selanjutnya adalah tipe OHC. Dimana jenis valve ini memiliki posisi camshaft pada bagian kepala silinder.

    Adapun jenis valve OHC terbagi lagi dengan mempunyai 2 jenis yaitu DOHC dan SOHC. Keduanya memiliki sistem kerja yang berbeda.

            3. SOHC (Single Overhead Camshaft)

    SOHC merupakan bagian dari jenis OHC yang menggunakan camshaft tinggal dimana pemasangannya diberikan kepada kepala silinder. Posisi ini terdapat pada sebelah intake valve dan exhaust valve.

    Kemudian silinder yang terdapat SOHC ini mempunyai tugas untuk menghitam campuran udara dan juga bahan bakar. Setelah dihisap, dilanjutkan ke bagian ruang bakar dan dikeluarkan dengan menggunakan exhaust valve.

            4. DOHC (Double Overhead Camshaft)

    DOHC merupakan bagian dari jenis OHC selain SOHC. Jenis valve ini menggunakan 2 camshaft untuk dijadikan saluran intake valve dan exhaust valve. Valve pada setiap silinder ini bisa ditambahkan karena memiliki tambahan camshaft.